Rektor Undip dan Bupati Pati datangi Expo Bazar Tim KKN Undip Trangkil

Sabtu (4/8), Expo Bazar yang diselenggarakan pemerintah kecamatan Trangkil bersama Tim KKN II Undip Kecamatan Trangkil menampilkan potensi 16 desa yang ada di Kecamatan Trangkil dan Program KKN Undip masing-masing desa. Masing-masing stand bazar dihias dan didukung oleh gerakan PKK masing-masing desa untuk menampilkan juga produk-produk desa yang dikembangkan.

Rektor Undip dan Bupati Pati

Desa Mojoagung sendiri menjual produk desa berupa makanan olahan dari tepung Tapioka, karena produksi tepung Tapioka di Desa Mojoagung bisa dibilang tinggi. Olahan makanan yang ditampilkan di stand bazar adalah Sarang Madu, Wedaran, Kerupuk Rambak, Kerupuk Bawang, dan beberapa bahan pokok yang sengaja dijual sebagai tambahan. Produk dari program mahasiswa KKN Mojoagung sendiri adalah produk makanan berupa PMT atau Pemberian Makanan Tambahan bernama “Mojaroli” Mojoagung Rolade Ikan. Produk makanan ini berguna untuk makanan tambahan dan gizi balita di desa Mojoagung yang berlatarbelakang kekurangan gizi. Selain itu produk ini memanfaatkan gizi dari ikan kakap dan tentunya tepung tapioka sebagai produk desa. Kelebihan produk ini adalah memiliki gizi yang tinggi dan rendah kolesterol karena cara memasakanya dikukus bukan di goreng.

Stand Mojoagung dalam acara Expo juga  didatangi oleh Rektor Undip Prof. Dr. Yos johan Utama, S.H., M.Hum dan Bupati Kabupaten Pati H. Hariyanto, S.H., MM., M.Si. Kunjungan stand ini menghasilkan saran dan pesan untuk tim KKN Undip Mojoagung untuk mengembangkan produk program KKN Mojoagung. Saran yang diberikan adalah bagaimana makanan “Mojaroli” dalam kurun waktu yang cukup lama dapat bertahan. Hal ini menjadi masukan untuk tim KKN Undip Mojogung untuk mengembangkan oalahan produk ini. Bapak Hariyanto juga memberikan arahan kepada ibu PKK untuk senantiasa aktif dalam pengembangan produk-produk desa dan mulai mengembangkan produk lain yang mungkin berpotensi.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan